Fakta Unik Tomcat: Terbang Dengan Posisi Vertikal


Fakta Unik Tomcat: Terbang Dengan Posisi Vertikal

Tomcat terbang vertikal

Tomcat terbang vertikal dengan kepala menghadap ke at

Tomcat yang masuk jenis serangga genus Paederus ini mempunyai keunikan dalam cara terbangnya. Bila serangga lain terbang dalam posisi horisontal seperti burung-burung pada umumnya, lain halnya dengan Tomcat. Tomcat ternyata terbang vertikal.

Sayap yang dimiliki Tomcat, ukurannya kecil dan tidak menutupi tubuhnya. Berbeda dengan serangga lain dengan sayap lebar yang menutupi seluruh tubuh. Bisa jadi karena ukurannya yang mini tersebut, cara terbangnya pun jadi aneh.

Karena terbang dengan posisi yang tak biasa itu, kepala Tomcat selalu menghadap ke atas saat terbang.

Fakta unik Tomcat ini seperti disampaikan Haris Sutrsino selaku pakar serangga dari LPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Meski sudah menggegerkan warga Surabaya, sejatinya Tomcat merupakan sahabat petani dalam membasmi hama wereng. Menurut Hari, serangga ini kemungkinan menyerang manusia karena bermaksud melindungi diri.

Serangan Tomcat di Surabaya khususnya di apartemen elit East Coast, Laguna Indah pada Selasa (13/3) cukup menggegerkan. Tomcat yang diduga datang karena kerusakan ekosistem ini, menyerang dengan jumlah yang tak sedikit yakni mencapai jutaan.

Hingga artikel ini ditulis, tercatat sudah lebih dari 25 kasus serangan Tomcat. Tomcat dikabarkan sudah menyebar juga ke Surabaya bagian barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s